BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Sabtu, 06 Juni 2015

Cek Pencemaran Timbal, Kementerian LH Datangi Danau Lido Besok Pagi

Indah Mutiara Kami - detikNews

Jakarta - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan akan mendatangi Danau Lido, Bogor, besok pagi untuk mengecek informasi terkait pencemaran timbal di lokasi tersebut. Tim akan memastikan sumber pencemaran dan mengambil sampel di danau.

"Kita sudah terima informasinya. Besok pagi tim akan ke lapangan," kata Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian LH dan Kehutanan, Karliansyah saat dihubungi, Sabtu (6/6/2015).

Tim dari kementerian sebenarnya berencana mengambil sampel air di danau. Namun, tim masih akan mengecek kesiapan laboratorium karena pengambilan sampel dilakukan di hari Minggu.

"Takutnya laboratorium tidak siap. Minimal kita cek dulu kondisi danaunya," ujar Karliansyah.

Laboratorium membutuhkan waktu satu minggu untuk menganalisis sampel dari Danau Lido. Setelah itu, Kementerian LH akan membandingkannya dengan hasil penelitian IPB yang pertama kali menginformasikan tingginya konsentrasi zat timbal (Pb) di lokasi.

Karliansyah belum mau menduga-duga penyebab dari pencemaran di Danau Lido. Tim akan terlebih dahulu mengecek sumbernya dan kemudian menyusun langkah-langkah penanggulangan.

"Kita mau cek ke lapangan itu untuk mengetahui sumbernya. Kalau iya benar ada pencemaran, sumbernya kita kendalikan. Bisa dikurangi atau hingga dihentikan," ucapnya.

Dalam penelitian yang digelar oleh IPB pada bulan Mei- Juni 2014, disimpulkan ada kandungan timbal (Pb) untuk area sawah 0,190 mg/L dan area keramba jaring apung sebesar 0,083 mg/L. Sementara batas aman baku mutu peruntukan kelas III dalam PP No. 82 tahun 2001 tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air adalah 0,03 mg/L.

Tidak ada komentar: