BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Rabu, 24 Juni 2015

Pulang Malam, Perempuan Diimbau Bawa Alat Pelindung Diri

Oleh : Harry Siswoyo, Bayu Nugraha
VIVA.co.id , Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Tito Karnavian, mengimbau kepada masyarakat, khususnya perempuan, untuk selalu membawa alat pelindung diri dari kejahatan. Ini untuk mengantisipasi berulangnya kasus kejahatan di fasilitas publik.

"Silahkan bawa alat proteksi diri yang tidak melanggar hukum, seperti taser, merica atau pepper spray," ujar Tito di Mapolda Metro Jaya, Selasa 23 Juni 2015.

Perlindungan itu, menurut Tito penting dipahami oleh para pekerja perempuan. Hal itu juga sudah lazim dilakukan oleh para perempuan di negara lain salah satunya di Amerika.

"Boleh boleh saja bawa itu (alat proteksi diri), ini tidak hanya terjadi di Indonesia. Di Amerika juga banyak perempuan, ibu-ibu membawa paper spray. Bebas dijual bahkan di sana," ujarnya.

Mengenai himbauan lainnya, Tito mengatakan masyarakat agar lebih hati hati dalam memilih angkutan umum. "Kalau di malam hari, feeling tidak yakin, lebih baik jangan pakai kendaraan itu," kata Tito.

Sebelumnya, pada Sabtu dinihari 20 Juni 2015, seornag sopir angkot telah ditangkap kepolisian setelah terbukti memperkosa seorang karyawati yang menjadi penumpangnya. (ren)

Tidak ada komentar: