BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Selasa, 16 Juni 2015

Tabrakan di Tol Cipali, Kakorlantas: Jaga Jarak karena Jalannya Halus

Elza Astari Retaduari - detiknews
Jakarta - Satu orang tewas akibat kecelakaan 2 truk yang terjadi di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Untuk mengantisipasi kecelakaan, Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Irjen Pol Condro Kirono pun meminta agar semua pengemudi mengatur jarak kendaraannya saat melintasi tol terpanjang tersebut.

"Dari awal saya sudah imbau pengguna, Tol Cipali memang jalannya halus, relatif datar, yang perlu diwaspadai ngantuk dan jaga jarak kendaraan," ungkap Condro di gedung Korlantas, Jl MT Haryono, Jaksel, Selasa (16/6/2015).

Pengguna jalan diminta selalu waspada dengan mematuhi rambu-rambu, termasuk tidak lengah melihat lampu belakang kendaraan yang ada di depannya. Mengenai penerangan jalan sendiri, jika wilayah yang belum terdapat listrik untuk lampu, pengendara diminta selalu memerhatikan marka jalan.

"Penerangan kalau lokasinya tidak ada listrik kan dilengkapi dengan marka jalan dan mata kucing. Itu yang harus sangat diperhatikan. Prinsipnya jaga jarak aman," kata Condro.

Untuk layanan emergency, menurut Condro, semua sudah disediakan di setiap pintu-pintu keluar tol, seperti di pintu keluar Subang. Di tiap-tiap pintu keluar tol disediakan mobil-mobil derek dan juga ambulans.

"(Layanan emergency) di pos pintu-pintu keluar. Kami juga siapkan 47 personel PJR dan 6 mobil patroli, untuk Lebaran akan ditambah," tutur jenderal bintang 2 itu.

Sebelumnya diberitakan, 3 hari pasca dioperasikannya Tol Cipali terjadi kecelakaan antara truk boks dan truk bermuatan pasir di ruas tol KM 82.600 arah Cirebon menuju Jakarta, Senin (15/6) malam. Dalam kejadian tersebut, sopir truk boks bernama Zainal Abidin kehilangan kendali atas truknya.

Ia menabrak truk yang berada di depannya sehingga menyebabkan truk boks ringsek. Satu penumpang truk boks bernama Ayuhan tewas sementara Zainal mengalami luka berat.

Tidak ada komentar: