BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Rabu, 24 Juni 2015

Ahok Anggarkan Rp 40 M untuk Bangun Masjid di Balai Kota

Ayunda Windyastuti Savitri - detikNews
Jakarta - Pemprov DKI berencana membangun masjid di dalam area kompleknya tahun ini. Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) memastikan pembangunan masjid itu berlangsung dalam waktu dekat ini.

"Sudah mau lelang tahun ini. Mau bangun nih. Tanya Sekda saya sudah pilih rancangannya ada 2 desain," ujar Ahok usai ikut berbuka puasa di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Selasa (23/6/2015).

Mantan Bupati Belitung Timur itu mengatakan pembangunan masjid tersebut menggunakan dana dari APBD 2015. Adapun total anggaran yang disiapkan kurang lebih Rp 40 miliar.

Lokasi masjid nantinya menggantikan Musala Fatahillah yang terletak di sisi kanan dari pintu depan Balai Kota di tengah gedung tua Pemprov dan baru nan menjulang tinggi milik DPRD. "Sebelah kiri (dari kantor Gubernur) jajaran Bank DKI itu loh. (Musala lama) bongkar nanti. Saya sudah pilih modelnya kelihatan masjidnya, saya bilang mesti kelihatan masjid," sambungnya.

"(Anggarannya dari) APBD, kalau nggak salah Rp 40 miliar," tutup Ahok.

Niat Ahok membangun masjid bermula dari keheranannya tidak ada masjid di Balai Kota, kantor pemerintahan provinsi Jakarta. Padahal di kantor-kantor walikota, masjidnya bagus-bagus. Maka Ahok berniat membangun masjid di Balai Kota.

"Saya pikir musalanya perlu kita bikin sayembara desain. Apa 2 lantai, kita bangun (masjid)," ujar Ahok dalam sambutan pidato pelantikan 4.676 PNS di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Jumat (2/1) lalu.

Ahok tidak akan membangun gereja. Ayah 3 anak ini akan meminta PNS nonmuslim untuk berdoa di rumah saja. Tujuan dibangunnya masjid di Balai Kota, lanjut Ahok, agar PNS-PNS ingat pada Tuhan.

"Nah saya lagi berpikir, yang muslim begitu banyak. Saya juga heran gitu di Balai Kota kan besar, tapi saya tidak temukan ada masjid. Biasanya semua kantor, kantor walikota ada dan masjidnya lebih bagus," ujarnya.

Sebelumnya, Ahok sempat menyatakan, masjid tersebut akan dibangun tanpa biaya dari APBD DKI. Biaya pembangunan masjid dari PNS, bahkan Ahok akan menyumbang. 

Tidak ada komentar: