BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Rabu, 05 Agustus 2015

Ketua PTUN Ditangkap KPK, Ketua MA: Saya Ini Paling Tegas

Rivki - detikNews
Jakarta - Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali akan menindak tegas semua hakim yang korup. Hatta Ali mencontohkan, tindakan tegas yang dilakukan oleh pihaknya kepada Ketua PTUN Medan Tripeni Riyanto yang ditangkap KPK karena dugaan kasus suap.

"Saya ini paling tegas. Kalau yang lain dijadikan tersangka dulu baru diberhentikan, kalau saya tidak. Begitu ditangkap langsung kami berhentikan!" ujar Hatta Ali, di Gedung Sekretariat MA, Jl Jend Achmad Yani, Jakarta, Rabu (5/8/2015).

Dia mengatakan MA tidak akan henti-hentinya memberi sosialisasi pengawasan kepada seluruh hakim di Indonesia. Hal itu dilakukan supaya para hakim tidak mencoreng jabatannya.

"Apa yang kami lakukan dalam pengawasan tidak ada henti-hentinya. Kami selalu wanti-wanti jangan lakukan pelanggaran teknis dan kode etik," ucapnya.

Hatta Ali juga mengingatkan kepada seluruh jajaran hakim untuk selalu profesional dalam sidang. Dia juga meminta hakim untuk tidak mau diintervensi dalam memutus perkara.

"Independensi hakim harus dijaga!" ucapnya.

Tripeni dan dua hakim lainnya ditangkap KPK di kantornya pada awal Agustus lalu. KPK menemukan sejumlah uang dalam bentuk dolar yang diduga terkait suap. Di kasus ini, Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho dan OC Kaligis juga ikut dijadikan tersangka.  

Tidak ada komentar: