BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Rabu, 19 Agustus 2015

Ketua MA: Keponakan Saya Banyak Nggak Lulus Jadi Hakim!

Rivki - detikNews
Jakarta - Ketua Mahkamah Agung (MA), Hatta Ali, menegaskan rekrutmen hakim tingkat pertama berada di bawah kewenangan lembaganya. Hatta Ali menjamin pihaknya akan transparan dalam rekruitmen hakim.

"Kalau orang bilang MA melakukan seleksi itu secara subjektif itu tidak masuk akal!" Tegas Hatta Ali di Gedung MA, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta, Rabu (19/8/2015).

Hatta juga menampik adanya dinasti hakim bila rekruitmen di bawah kendali penuh MA. Dia bercerita tentang sodaranya yang banyak gagal lolos menjadi hakim.

"Ada yang bilang keluarga dibantu, itu tidak bisa! Jangan khawatir soal itu, banyak keponakan saya yang enggak lulus (jadi hakim), jadi jangan khawatir soal itu," ucapnya.

Dia juga meminta agar rekrutmen harus segera dilaksanakan. Alasannya, menurut Hatta, saat ini MA kekurangan hakim untuk memnuhi kebutuhan publik yang ingin mencari keadilan.

"MA terus berjuang supaya sesegera mungkin ada rekrutmen hakim. Soalnya kami sudah 5 tahun tidak melakukan rekrutmen, sehingga hakim-hakim di pengadilan daerah sangat kurang," ungkapnya. 

Tidak ada komentar: