BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Jumat, 28 Agustus 2015

Harga Minyak Naik 10,3%, Lonjakan Tertinggi Sejak Maret 2009

 Oleh : Rochimawati
VIVA.co.id - Harga minyak mentah meroket lebih dari 10 persen pada Kamis, posting reli terbesar satu hari sejak Maret 2009. Lonjakan ini memulihkan pasar saham.

Gertakan kembali dilakukan setelah minyak mengalami kemerosotan dan mencapai posisi terendah pada tahun ini, minyak naik karena pasar saham dunia naik di tengah harapan langkah-langkah pemerintah China untuk merangsang ekonomi, sementara dolar menguat.

Dikutip dari CNBC, Jumat 28 Agustus 2015, minyak mentah AS naik US$3,96, atau 10,3 persen menjadi US$42,56 per barel, menandai hari terbaik sejak Maret 2009 ketika itu melonjak 11,1 persen.

Patokan minyak dunia, Brent naik US$4, atau 10 persen menjadi US$47 per barel. Sejak Juli, karena harga minyak memulai penurunan yang cukup tajam.

"Kami sudah mengantisipasi setelah pasar minyak sempat panik," kata Analis Caprock Risk Management di Frederick, Maryland, Chris Jarvis.

Sementara stok minyak mentah AS secara tak terduga turun lebih dari 5 juta barel pekan lalu, dan data dari kelompok industri Genscape menunjukkan bahwa persediaan di Cushing, Oklahoma, menurun lain hampir 400.000 barel sejak Jumat lalu.

Meski begitu, sebagian besar analis pesimistis bahwa minyak bisa mempertahankan perjalanan yang lebih tinggi.

"Tren ini kuat dan turun. Namun, jangan salah langkah oleh koreksi yang lebih tinggi," kata analis teknis PVM Oil Associates Robin Bieber. (ren)

Tidak ada komentar: