BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Kamis, 20 Agustus 2015

Tugas Hampir Selesai, Kabasarnas: Identifikasi Korban Dilakukan Polri

Wilpret Siagian - detikNews
Jayapura - Kabasarnas Marsekal Madya FH Bambang Soelistyo mengatakan setelah melakukan pencarian dan evakuasi korban serta kotak hitam pesawat Trigana Air, proses identifikasi selanjutnya akan dilakukan oleh Polri.

"Saya kira untuk operasi SAR kita sudah pada penghujung. Mudah-mudahan di penghujung ini kita bisa sukses menyelesaikan sampai tuntas sesuai mekanisme dan tentu sesuai dengan harapan semua pihak," kata Soelistyo di Base Ops Lanud Sentani, Jayapura, Papua, Rabu (19/8/2015) malam.

Soelityo mengatakan keberhasilan evakuasi korban Trigana di lapangan adalah hasil kerja sama semua pihak yang ikut membantu, ke depan bisa menjadi pelajaran bahwa kerelaan dan keikhlasan melakukan tugas-tugas kemanusiaan tanpa pamrih.

"Saya mohon ini menjadi contoh pelajaran bagi kita semua, bukan saja milik TNI, Polri, dan pemerintah bahwa kerja sama dan kerelaan melakukan tugas-tugas kemanusian tanpa pamrih, itu penting untuk kita lakukan, mungkin bukan saja dalam konteks kecelakaan ini tapi dalam upaya mencari solusi permasalahan kehidupan masyarakat kita tentu perlu kerja sama," katanya.

Soelistyo mengatakan langkah selanjutnya setelah semua korban dievakuasi adalah tugas dari Polri dan Trigana Air untuk menindaklanjutinya dengan tugas masing-masing.

"Kita akan melimpahkan kepada Polri dan Trigana untuk melanjutkan proses identifikasi DVI dan merawat psikologi keluarga korban," ucap Soelistyo.

Kini empat korban jenazah pesawat Trigana Air telah tiba di Jayapura dan ditempatkan di RS Bhayangkara untuk dilakukan identifikasi. Keempat jenazah itu tiba di Bandara Udara Sentani, Kabupaten Jayapura dengan menggunakan pesawat Trigana Air sekitar pukul 16.55 WIT.

Sebelum dibawa ke RS Bhayangkara, Kabasarnas Marsekal Madya Bambang Sulistyo memimpin upacara penyerahan keempat jenazah kepada Kapolda Papua Brigjen Pol Paulus Waterpauw yang disaksikan oleh Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Fransen G Siahaan di Base Ops Lanud Sentani, Kabupaten Jayapura. 

Tidak ada komentar: