BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Selasa, 18 Agustus 2015

Kabasarnas: Tak Semua Uang Rp 6,5 M Hangus, Ada yang Bisa Diselamatkan

Herianto Batubara - detikNews
Jakarta - Kepala Basarnas FHB Soelistyo mengatakan uang Rp 6,5 miliar yang ada di pesawat Trigana Air memang hangus. Namun tidak semua uang hancur, ada sebagian yang bisa diselamatkan.

"Ada yang melaporkan sejumah uang itu ada di situ dalam kondisi sebagian terbakar hangus, ada sebagian masih bisa diselamatkan. Kalau tidak salah. Saya belum lihat sendiri," ucap Soelistyo kepada wartawan di Base Ops Lanud Jayapura, Selasa (18/8/2015).

Soelistyo menginstruksikan tim SAR untuk mengamankan uang tersebut bersama dengan black box. "Jadi teka-teki soal itu sudah terjawab," ucapnya.

Hari ini menurut Soelistyo tim SAR telah berhasil memastikan dua hal. Pertama soal black box yang sudah ditemukan dan uang untuk Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) Kemensos bagi 6.000-an warga miskin yang akan dibagikan oleh juru bayar PT Pos di Kabupaten Pegunungan Bintang.

"Fisik black box maupun uang, saya berharap besok (bisa dievakuasi). Khusus black box besok saya akan serahkan resmi ke Ketua KNKT. Ini adalah ketentuan," ucapnya.

Sebelumnya Menhub Ignasius Jonan mengatakan uang Rp 6,5 miliar yang ada di pesawat sudah ditemukan tim gabungan. Namun kondisi uang itu sudah hangus tak beraturan.

"Sudah diamankan. Kondisinya sayangnya tidak utuh. Sudah hangus enggak beraturan," kata Menhub Jonan di Jayapura, Selasa (18/8/2015). Meski sudah dalam kondisi hancur, serpihan uang itu tetap dibawa. Uang itu harus disertakan dalam laporan penemuan.

Uang negara sebanyak itu dibawa oleh empat petugas PT Pos yang berangkat dari Sentani, Jayapura. Uang itu disimpan di dalam 4 tas. PT Pos menyatakan bahwa uang itu telah diasuransikan sehingga masyarakat miskin pemilik kartu PSKS tetap akan menerima dana dari pemerintah tersebut.

Tidak ada komentar: