BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 24 Agustus 2015

Hore! Mulai Hari ini Pelajar Pemegang KJP Gratis Naik Bus TransJakarta

Ikhwanul Khabibi - detikNews
Jakarta - Mulai hari ini, semua pelajar pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP) bisa menaiki bus TransJakarta secara gratis untuk beberapa koridor. Pembebasan biaya transportasi bagi pelajar pemegang KJP ini merupakan salah satu kebijakan baru yang dibuat Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

"Mulai besok, pelajar yang punya KJP tidak perlu lagi membayar lagi bus TransJakarta. Tidak ada seorang warga pun yang tertinggal karena tidak sekolah," kata Ahok dalam kata sambutannya di acara Lebaran Betawi, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu (23/8).

Untuk sementara waktu, pelajar yang ingin menggunakan moda transportasi TransJ tinggal menunjukkan KJP miliknya. Nantinya, petugas di halte akan menggunakan cara manual sebelum sistem KJP terintegrasi dengan ticket TransJ.

"Asal pakai seragam walaupun belum ada combo, tunjukin KJP dan kartu pelajarnya terus si petugas di seluruh halte TransJakarta akan memakai tiketnya untuk nempel (di-tap) dan siswa bisa langsung masuk," jelas Ahok beberapa waktu lalu.

Ahok menargetkan mesin tap dari Bank DKI bisa siap untuk digunakan pemegang KJP yang hendak naik bus TransJ di seluruh halte busway bisa mulai efektif tahun 2016. Untuk sementara, dia menyiasatinya dengan cara pencatatan manual oleh petugas TransJ.

Untuk sementara waktu, proses pelaksanaan tapping KJP masih dilakukan secara manual oleh petugas halte busway. Sejumlah kriteria yang harus diperhatikan para pelajar antara lain:

1. Pelajar harus memiliki KJP dan Kartu Pelajar yang sesuai dengan nama dengan KJP tersebut

2. Pelajar harus mengenakan seragam sekolahnya

3. TransJ hanya akan menyediakan layanan gratis bagi para pelajar pemegang KJP pada jam berangkat dan pulang sekolah

Tidak ada komentar: