BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 16 Mei 2011

Daftar Kecelakaan Pesawat Cathay Pacific

Pada 13 April 2010, ban pesawat terbakar saat melakukan pendaratan darurat di Hongkong.

VIVAnews - Cathay Pacific masih menyelidiki insiden terbakarnya mesin pesawat Airbus A330-300 di Bandara Changi tujuan Singapura-Jakarta, Senin, 16 Mei 2011. Pesawat dengan nomor penerbangan CX715 itu sempat lepas landas dan kemudian kembali mendarat darurat sebelum terbakar.

Insiden yang menimpa pesawat Cathay Pacific bukan kali ini saja terjadi. Pada November tahun lalu, dua pesawat Airbus maskapai ini juga pernah mendarat darurat di Changi karena kerusakan mesin.

Berdasarkan data yang dilansir wikipedia.com, maskapai asal Hong Kong yang berdiri sejak tahun 1946, pernah mengalami kecelakaan terakhir yang cukup fatal, pada 1972. Kecelakaan itu terjadi di Vietnam karena bom yang meledak di dalam sebuah koper di dalam pesawat.

Setelah kecelakaan 1972, Cathay Pacific mulai memperbaiki pelayanan dan masuk dalam jenis penerbangan teraman di dunia. Tapi kecelakaan kembali terjadi pada 13 April 2010. Ban pesawat terbakar saat melakukan pendaratan darurat di Hongkong.

Hari ini,  pesawat Cathay Pacific rute Singapura-Jakarta mendarat darurat di Bandara Changi, Singapura, setelah mesinnya terbakar. Tidak dilaporkan adanya korban luka pada insiden tersebut.

Manajemen maskapai asal Hong Kong itu menegaskan bahwa pesawat yang terbang dari Singapura ke Jakarta pada pukul 00:54 waktu setempat, kembali lagi setelah terjadi peringatan adanya percikan api dari mesin nomor dua.

Para kru kemudian mematikan mesin Rolls Royce pesawat tersebut ketika mereka menerima peringatan tersebut. Kejadian ini juga sudah dilaporkan kepada Departemen Penerbangan Sipil, Hong Kong.

Tidak ada komentar: