BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Selasa, 17 Mei 2011

Pemanggilan KPK Tak Terkait Parpol

Pemanggilan akan dilakukan jika alat bukti yang dikumpulkan sudah cukup kuat.

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera memanggil orang per orang yang diindikasikan terkait kasus korupsi pembangunan wisma atlet Sea Games 2011. Pemanggilan akan dilakukan jika alat bukti yang dikumpulkan sudah cukup kuat.

"Jika alat buktinya sudah cukup, kami akan panggil mereka sebagai orang per orang bukan sebagai kader partai politik," kata Ketua KPK, Busyro Muqoddas di Yogyakarta.

Meski saat ini proses penyelidikan dan penyidikan terhadap kasus tersebut terus dilakukan, kata dia, namun pihaknya belum melihat berapa kecenderungan negara dirugikan atas kasus itu. "Yang tertangkap tangan Rp3,2 miliar, tetapi apakah ada yang lain atau tidak sekarang masih pada tahap pendalaman," ujar Busyro.

Sementara itu, terkait indikasi kader parpol tertentu terkait kasus tersebut, Busyro mengatakan, saat ini memang banyak perilaku para petinggi partai politik yang kemudian berurusan dengan kasus korupsi. Bahkan, menurut dia, dari 42 parpol ada 25 parpol yang petingginya berurusan dengan kasus korupsi.

"Parpol itu pilar demokrasi, menciptakan sebuah good governance. Jadi, jangan segan-segan bagi para petinggi parpol untuk menindak tegas para anggota dan petinggi lainnya yang terkait kasus korupsi," kata dia. (art)

Tidak ada komentar: