BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Rabu, 07 Oktober 2015

Ahok Kesal RAPBDP 2015 Selalu Ditolak Kemendagri

 Laporan: Elitha Tarigan
RMOL. Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengklaim bahwa anak buahnya telah menyelesaikan penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (RAPBDP) DKI 2015 dengan baik. Namun sayang, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) selalu mengembalikan susunan RAPBDPitu terus menerus.

Ahok menilai, Kemendagri selalu mencari alasan untuk menolak susunan RAPBDP.

"Cari-cari alasan saja mereka (Kemendagri), minta suratlah atau apa dikembalikan. Makanya saya bilang, daerah lain digituin enggak?" katanya di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (6/10).

Mantan Bupati Belitung Timur yakin penyusunan RAPBDP DKI 2015 sudah disusun dengan baik oleh anak buahnya. Ia bahkan mengaku curiga ada kongkalikong di internal Kemendagri. Pasalnya, pemerintah pusat hanya bersikap keras pada DKI Jakarta saja.

"Makanya lama-lama saya bisa ribut ini. Selama ini penganggaran di DKI betul enggak? Dirjen (Keuangan Daerah Kemendagri) bilang enggak betul kan? Kok kalau enggak betul, bisa begitu mudah lolos di Kemendagri? Sekarang (penganggaran) sudah betul kok," katanya.

Di wawancara terpisah, pernyataan berbeda justru muncul dari Sekretaris Daerah DKI Saefullah. Ia mengakui bahwa hingga Senin (5/10), masih ada 27 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang belum memasukkan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) mereka masing-masing.

"Masih ada 27 SKPD yang belum input RKA. Kita sudah ingatkan," ujar Saefullah.

Kata Saefullah, rencananya besok Rabu (7/10) pihaknya akan kembali menyerahkan RAPBDP tersebut kepada Mendagri. [ian]

Tidak ada komentar: