BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Selasa, 06 Oktober 2015

Tolong! Asap Kian Parah, Jarak Pandang di Riau Cuma 50 meter

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Jakarta - Asap pekat kiriman dari Sumsel dan Jambi kian parah pengepung langit Riau. Jarak pandang hanya tembus 50 meter.

Semakin hari kondisi asap kian memburuk di Riau. Sudah tiga hari berturut-turut level polusi udara status berbahaya. Belum ada tanda-tanda asap akan hilang dari Bumi Lancang Kuning, Riau.

Untuk Riau, data BMKG melansir, Selasa (6/10/2015) bahwa titik panas di Sumatera ada 384. Dari jumlah itu, di Sumsel paling banyak 360 titik panas. Selanjutnya, Jambi 10, Lampung 5, Sumbar 6, Babel 2 dan Riau hanya 1.

Dari data tersebut, dengan jelas asap yang ada di Riau saat ini kiriman dari provinsi tetangga. Asap hari ini justru lebih buruk dibanding kemarin.

Untuk hari ini saja, wilayah di Pekanbaru umumnya jarak pandang hanya 50 meter. Kondisi paling parah ada di Kecamatan Rumbai dan Kecamatan Tampan.

"Ini lama-lama kita mati pelan-pelan di buat asap. Pagi ini jarak pandang di tempat kami cuma 50 meter saja," kata Arba Manurung (45) kepada detikcom.

Asap juga terlihat para di Kecamatan Tampan, Pekanbaru. Kondisinya tak jauh beda dengan Rumbai. Asap pekat telah membuat jarak pandang  di bawah 50 meter saja.

"Sudah lebih sebulan kita tak pernah lihat matahari. Mau sampai kapan kondisi kita seperti ini. Kita mau mengungsi kemana coba?" Keluh Dahril (34) warga Kecamatan Tampan.

Kondisi yang parah juga terjadi di Kabupaten Pelalawan. Asap di sana juga sudah melumpuhkan dunia pendidikan.

"Anak saya sudah sebulan lebih tak bersekolah karena asap. Di daerah kami ini rasanya seperti mau kiamat saja. Saban hari gelap dikepung asap," keluh Candra (45).

Tidak ada komentar: