BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Selasa, 20 Oktober 2015

Ketua MPR: Ke Depan Jangan Ada Kerusuhan Lagi

Danu Damarjati - detikNews
Jakarta - Hari ini genap setahun pemerintahan Jokowi-JK. Ketua MPR Zulkifli Hasan berpesan agar Presiden Jokowi lebih memperkuat semangat persaudaraan.

"Yang penting kita berharap pemerintahan Pak Jokowi-JK lebih-lebih lagi memperkuat persaudaraan kebangsaan. Peristiwa Tolikara, Singkil, itu jangan sampai terulang lagi. Jadi memperkuat persaudaraan kebangsaan," kata Zulkifli kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (20/10/2015).

Program pemerintahan Jokowi-JK diharapkan lebih menyentuh masyarakat. Jokowi diharapkan mengikuti program pembangunan Presiden pertama RI Soekarno.

"Yang kedua, kita juga berharap program-program pemerintah itu jadi kesatuan program jangka panjang. Jadi kita harap tidak lagi bupati sendiri, wali kota sendiri, gubernur sendiri tapi kita harap ada visi jangka panjang seperti dulu program jangka panjangnya Bung Karno," katanya.

Ketua Umum PAN ini juga berharap Presiden memperhatikan pendidikan pembangunan karakter kebangsaan. Seperti mengembalikan pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan yang sudah lama dihilangkan.

"Ketiga, kita berharap pendidikan mengenai pembangunan karakter bangsa kita perkuat lagi. Saya mengusulkan ada lembaga seperti Manggala BP-7 (Badan Pembina Pendidikan Pelaksanaan Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila) zaman dulu itu, jadi di situlah nanti semua stake holder menjadi satu. Tidak mungkin kebangsaan itu hanya dijaga oleh MPR, kita berharap pemerintah pusat, daerah, TNI, dan Polri juga bersama-sama," harapnya.

"Termasuk mengembalikan pendidikan Pancasila, kewarganegaraan yang dulu hilang itu," pungkasnya.

Tidak ada komentar: