BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Kamis, 01 Desember 2011

Ajaib! PPATK Temukan Rekening Anak Sekolah Bernilai Miliaran Rupiah

Moksa Hutasoit - detikNews

Jakarta - Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menemukan sejumlah rekening anak sekolah yang bernilai hingga miliaran rupiah. Tidak hanya itu, ada juga seorang bayi pun sudah tercover seluruh asuransinya.

Temuan mencengangkan itu disampaikan Direktur Pengawasan dan Kepatuhan PPATK, Subiantoro. Pria ini mengatakan hal tersebut usai menjadi saksi ahli untuk terdakwa Gayus Tambunan di Gedung Pengadilan Tipikor, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (1/12/2011).

"Lah orang Indonesia ini kan, bapak-bapaknya sayang sekali sama anak-anak dan istrinya," jelas Subiantoro sambil sedikit berkelakar.

Uang yang diduga sebagai hasil dari tindak pidana itu pun dialirkan ke keluarga pelaku. Inilah salah satu penyebab mengapa banyak Laporan Hasil Analisis (LHA) PPATK yang usianya justru masih sangat muda.

"Orang bayi 5 bulan saja bisa dicover asuransinya. Kemudian anak-anak sekolah simpanannya bisa miliaran rupiah. Ini kan tentu harus ditanya nih uangnya dari mana," beber Subiantoro.

Transaksi itu sendiri merupakan bagian dari 1.818 transaksi yang telah terindikasi tindak pidana oleh PPATK. Mengenai jumlah detil rekening yang dimiliki bocah-bocah itu, Subiantoro mengaku lupa.

Modus ini sendiri bukanlah hal yang baru. PPATK sudah menduga bakal ada taktik baru dari pelaku untuk menyembunyikan hasil pidananya.

"Sebetulnya sudah lama modus seperti itu, tapi kita baru bisa mengungkapnya setelah melihat adanya aliran dana," tandasnya.

Tidak ada komentar: