Makassar (ANTARA News) - Solidaritas Eks Nara Pidana Indonesia (Seni) Cabang Makassar menggelar pesta pergantian tahun 2011 ke 2012 dengan peresmian Pos Siskamling Kecamatan Manggala, Kota Makassar.

Peresmian Pos Siskamling di Jalan Toddopuli X, Kelurahan Borong, ini bakal dihadiri seluruh anggota Seni Cabang Makassar yang diperkirakan mencapai 500 orang.

Panitia peresmian menyiapkan tenda yang dilengkapi sekitar 100 kursi plastik dan menu makan malam, serta hiburan elekton.

Panitia juga mengundang Wakil Wali kota Makassar, Supomo Guntur untuk meresmikan Pos Kamling sederhana yang terbuat dari kayu dengan anggaran pembangunan sekitar Rp5 juta.

Koordinator Satgas Seni Pimpinan Anak Cabang Manggala, Faisal, mengatakan, keberadaan Siskamling nantinya untuk mencegah tindak kriminal di Kota Makassar, khususnya di Kelurahan Borong.

"Seni juga bertujuan untuk mengurangi tingkat pengangguran, memberikan lapangan kerja kepada anggotanya. Kita lihat kemampuannya setelah itu diberikan modal," ucapnya.

Faisal mengemukakan, pihaknya melatih kembali eks nara pidana yang sudah melalui pembinaan di Lembaga Pemasyarakatan.

Suasana menjelang pergantian tahun di Makassar tidak sesemarak seperti satu tahun sebelumnya. Sampai pukul 21.00 WITA jalan-jalan besar di Makassar masih seperti malam-malam biasanya.

Yang paling menarik adalah, ratusan pedagang jagung, terompet, kembang api membajiri sisi kiri dan kanan Jalan AP Pettarani yang panjangnya lima kilo meter.

Penjual jagung di jalan nasional ini menumpuk di depan Kantor KPU Sulsel, KNPI Makassar, LKBN ANTARA Sulsel, Dinas Prasarana Umum Sulsel, dan sekitar SPBU Karwisi.

Sementara, penjual terompot menumpuk depan Kantor Bulog, BPK, PT Soroako Jaya Motor, pertigaan masuk Jalan Abubakar Lambogo. (ANT-099)