BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Rabu, 27 Februari 2013

Kemenkes: RSCM Maksimal Tangani Bayi Hikmah

Ferdinan - detikNews

Jakarta - Kementerian Kesehatan mengatakan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) telah optimal menangani bayi Hikmah Fitriatul. Bayi berusia 1 tahun 3 bulan ini meninggal di RSCM karena penyakit saluran nafas dan gizi buruk.

"Saya sudah bicara dengan Dirut RSCM (Cheresna Heriawan Soejono, red), pelayanan sudah maksimal terhadap bayi Hikmah," kata Dirjen Bina Upaya Kesehatan Kemenkes, Akmal Taher saat dihubungi, Selasa (27/2/2013) malam.

Ayah Hikmah, Parjo mengeluhkan pelayanan RS saat anaknya dibawa pada 12 Februari 2013 ke RSCM. Keluarga sempat diminta surat jaminan.

Pihak RS juga dinilai lamban ketika dokter mengabarkan agar Hikmah dipindah ke RS yang memiliki peralatan medis khusus yaitu Neonatal Intensive Care Unit NICU.

Menurut Parjo, bayi Hikmah disarankan pindah karena NICU di RSCM sudah penuh. "Semua pelayanan sudah maksimal habis, maksimal dilayani. Kalau mengenai NICU itu kan untuk bayi berumur sampai 30 hari," terang Akmal.

Meski membantah pernyataan keluarga Hikmah, Akmal memastikan pihaknya akan melakukan pengecekan lanjutan terhadap standar pelayanan RSCM. "Nanti akan dicek lagi," ujar Akmal.

Tidak ada komentar: