BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Rabu, 21 Januari 2015

Menhub Fokus Bangun Jalur KA Seluruh Indonesia

Laporan: Widian Vebriyanto
 RMOL. Pemerintah akan membangun dan membiayai seluruh proyek kereta api (KA) di seluruh Indonesia.

Alokasi APBN akan diprioritaskan untuk pembangunan proyek rel KA di luar Jawa. Sedangkan di Sumatra, pemerintah akan menyambungkan jalur lama dengan jalur baru sehingga Sumatra bisa terkoneksi jaringan double track.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Komisi V DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (21/1).

"Pertama sambung Rantauprapat, Sumatra Utara ke Kertapati, Palembang nanti lewat Sumatera Barat. Panjangnya 1.400 km. Ini double track," jelasnya

Selain di Sumatra, lanjut Jonan, pemerintah juga akan membangun rel kereta di Pulau Kalimantan. Pemerintah akan membangun rel kereta rute Pontianak-Balikpapan. Proyek yang dibiayai negara ini merupakan jalur kereta yang tidak layak secara keuangan atau bisnis namun memiliki manfaat bagi masyarakat.

"Trans Kalimantan rute Pontianak-Balikpapan. Kita akan bangun yang nggak bisa dibangun oleh bisnis. Kalau daerah tambang akan dibangun swasta," ungkapnya.

Kemudian Kemenhub akan membiayai pembangunan jalur kereta Trans Sulawesi, yaitu dari Makassar hingga Manado, juga akan ada pembangun rel di Papua Barat dan Papua. Untuk tahap awal, pemerintah membangun jalur kereta rute Sorong sampai Manokwari.

"Terakhir ke pulau paling besar yakni di Papua dan Papua Barat. Rutenya Sorong sampai Manokwari sepanjang 400 km," jelasnya.[wid]

Tidak ada komentar: