BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 19 Januari 2015

Menlu Retno: Belanda dan Brasil Tak Tarik Dubes, Hanya Memanggil Pulang

Mega Putra Ratya - detikNews
Jakarta - Menlu Retno Marsudi memberi penjelasan soal isu ramai terkait Belanda dan Brasil yang menarik dubes mereka. Menurut Retno, mereka bukan menarik tetapi memanggil pulang ke ibu kota negara masing-masing untuk melakukan konsultasi. Kedua negara itu memanggil pulang Dubesnya karena warga mereka dieksekusi mati terkait narkoba.

"Jadi memang ini ada istilah yang memang harus diluruskan ya, karena beberapa teman-teman mengatakan penarikan Dubes. Yang terjadi adalah pemanggilan ke capital untuk melakukan konsultasi," jelas Retno, Senin (19/1/2015).

Menlu Retno juga sudah mendapat pemberitahuan dari masing-masing Kedubes. "Kami sudah terima informasi dan tadi pagi saya sudah menerima notifikasi dari Kedubes Belanda di Jakarta mengenai pemanggilan dubesnya ke capital untuk melakukan konsultasi," terang dia.

Retno juga membeberkan, pihaknya kerap melakukan komunikasi ke negara lain mengenai pelaksanaan eksekusi mati ini. Apalagi nanti ada eksekusi gelombang kedua.

"Saya kira komunikasi kami dengan dunia luar sudah mulai kami lakukan dari sejak awal dalam artian Indonesia adalah negara yang bersahabat. Kami tidak pernah bertentangan dengan negara lain, dan ini masalahnya adalah law enforcement dari sebuah negara berdaulat untuk memerangi kejahatan serius yaitu kejahatan narkotika yang kalau kita lihat dari data semuanya menunjukkan kita dalam situasi yang darurat," tutur dia.

Tidak ada komentar: