BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Kamis, 30 Juli 2015

Ayo, Terus Menguat Rupiah

Oleh : Rochimawati, Romys Binekasri
VIVA.co.id - Analis NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada berharap rupiah kembali menguat setelah rebound sehari sebelumnya.

Seperti diketahui, rupiah berhasil menguat dari level terendah. Pada penutupan perdagangan sehari sebelumnya rupiah menguat 0,07 persen atau naik 9 poin ke Rp13.456 per dolar AS.

Menurut Reza, penguatan rupiah terjadi karena sentimen positif dari otoritas pasar dan pemerintah Tiongkok yang kembali menegaskan tekatnya untuk menstabilkan volatilitas pasar ekuitas, sehingga membantu penguatan Yuan terhadap dolar AS.

"Penguatan rupiah ini juga turut didukung dengan sempat melemahnya dolar jelang pertemuan FOMC. Pelaku pasar melihat kemungkinan The Fed menaikan suku bunganya di September masih belum jelas seiring belum sepenuhnya membaik kondisi ekonomi AS," ujarnya kepada VIVA.co.id, Kamis, 30 Juli 2015.

Tidak hanya itu, lelang Sukuk yang cukup banyak diminati turut memberikan sentimen positif pada rupiah. Kondisi penguatan rupiah ini mampu melampaui kekhawatiran kami akan masih berlanjutnya pelemahan. "Laju rupiah di atas level resisten 13.454," ujarnya.

Namun, dapat diperhatikan hasil pertemuan FOMC terhadap pergerakan dolar. "Tetap antisipasi serta cermati setiap sentimen yang dirilis. Rp 13.455-13.438 (kurs tengah BI)," kata Reza.

Tidak ada komentar: