BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 06 Juli 2015

Polri Siap Bantu Pansel KPK Telusuri Rekam Jejak Capim KPK

Taufan Noor Ismailian - detikNews
Jakarta - Polri siap membantu Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK untuk menelusuri rekam jejak para calon yang dinyatakan lolos dalam selesi tahap pertama. Namun, Polri masih menunggu permintaan tertulis KPK.

"Belum diminta, kami menunggu surat resmi dari Pansel," kata Kapolri Jenderal Badrodin Haiti usai menghadiri 'Silaturahmi Intelektual Muhammadiyah' di Hotel Sahid Jaya, Jakarta Selatan, Minggu (5/7/2015).

Bila nanti Pansel telah resmi melayangkan surat permohonan, maka Polri baru akan melakukan rekam jejak sesuai yang dimintakan tim seleksi. Tanpa terkecuali, rekam jejak dari calon yang berasal dari Polri sendiri.

"Semuanya sama," kata Badrodin

Badrodin kembali menegaskan, dari sejumlah nama anggota Polri aktif dan purnawirawan yang mendaftar tidak mewakili institusi. Meski demikian, institusinya akan memberikan dukungan terhadap para calon dari Polri yang ada di bursa calon pimpinan KPK.

"Yang namanya daftar silakan saja, kan semua ada ukurannya di Pansel. Pasti didukung. Kalu dia ingin punya peran lebih besar pada pengadbdiannya di sana pasti kita dukung," ujar Badrodin.

Ada 194 nama calon pimpinan KPK yang lolos seleksi tahap pertama. 7 Di antaranya berasal dari institusi Polri.

Dari ketujuh calon yang berlatar belakang Polri, tiga di antaranya adalah perwira polisi aktif. Satu orang adalah perempuan, yaitu Brigjen Pol Basaria Panjaitan.

Berikut lima nama perwakilan Polri yang lolos tahap I:

1. Kombes (Purn) Basuki
2. Irjen (Purn) Rudiard M L Tampubolon
3. Irjen Syahrul Mamma
4. Kapolda Papua Irjen Yotje Mende
5. Brigjen Basaria Panjaitan
6. Irjen Tubagus Anis Angkawijaya
7. Irjen (Purn) Suprapta
(ahy/rna)

Tidak ada komentar: