BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Kamis, 09 Juli 2015

Cegah Tawuran, Kapolres Jaktim Sahur Bareng Warga di Pinggir Rel KA

Edward Febriyatri Kusuma - detikNews
Jakarta - Tawuran antara masyarakat sekitar pinggir rel Kebon Singkong dan Kampung Jagal seakan sudah menjadi tradisi setiap bulan puasa. Untuk mengantisipasi hal itu, Polres Jakarta Timur menggelar sahur bersama di pinggir rel kereta api.

Kapolres Jakarta Timur Kombes Umar Faruq bersama tokoh masyarakat dan agama sekitar dua kampung tersebut menikmati santap sahur di pinggir rel. Acara itu diikuti 400 orang yang kerap menjadi biang kerok tawuran.

"Ini kita lakukan agar kebersamaan antara petugas dan masyarakat lebih dekat serta bisa terjalin komunikasi dua arah," papar Umar dalam keterangannya kepada detikcom, Kamis (8/7/2015).

Umar mengatakan masalah ini sudah sering terjadi setiap tahun. Meski berulang kali dilakukan pembinaan, pemuda dari kedua kampung itu tak merasa jera.

"Peran aktif menjaga keamanan bersama terutama peran dari toga, tomas serta para ketua RT sangat diharapkan, apalagi di wilayah ini kadang terjadi bentrok antar warga. Diharapkan dengan adanya pertemuan ini, terjalin komunikasi yang baik sehingga apabila ada permasalahan bisa disampaikan kepada babhin kamtibmas di masing masing kelurahan untuk dicari solusi dalam menyelesaikan permasalahan tersebut," paparnya.

Ia berharap dengan adanya langkah preventif dari kepolisian, pemuda dari kedua kampung itu diingatkan dampak buruk dari perkelahian warga.

"Moment ramadhan dapat dijadikan sebagai sarana untuk berlatih bersabar dan menahan diri," tandasnya.
(edo/imk)

Tidak ada komentar: