BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 27 Juli 2015

Ini Rangkaian Tes yang Akan Dihadapi Capim KPK Selama 2 Hari

Dhani Irawan - detikNews
Jakarta - Sebanyak 48 orang telah lulus dari seleksi calon pimpinan tahap II dan hari ini akan menghadapi seleksi tahap III. Panitia seleksi (pansel) telah menyiapkan serangkaian tes yang akan menjajal kemampuan para capim itu.

"Seleksi calon pimpinan KPK tahap 3 yang akan berlangsung hari ini adalah  psikotes dan bahasa inggris, hari kedua (Selasa, 28 Juli 2915) simulasi, LGD (Leaderless Group Discussion), wawancara, presentasi," ucap juru bicara pansel, Betty Alisjahbana ketika dihubungi, Senin (27/7/2015).

Betty menyebut, pansel ingin mengukur beberapa hal melalui rangkaian tes itu. Kompetensi yang akan dilihat yaitu mengenai Potensi (Kecerdasan dan strukturnya, Cara Kerja, Potensi Kerja, Hubungan Sosial, Kepribadian dan Integritas), Kompetensi Manajerial dan Kompetensi Inti sesuai dengan yang dibutuhkan untuk memimpin KPK.

"Kami melibatkan lembaga yang kompetensinya di bidang ini, juga melibatkan asesor psikolog, asesor bidang SDM atau Manajemen dan asesor bidang hukum," ungkap Betty.

Sebelumnya Ketua Pansel Capim KPK Destri Damayanti mengatakan proses tahapan tes itu dimulai dari pukul 07.00 WIB hingga malam hari. Untuk seleksi tahap III ini, pansel akan menelusuri rekam jejak 48 calon pimpinan KPK. Semua calon sudah menyetujui rekam jejaknya ditelusuri, termasuk setuju aktivitas di rekening tabungannya juga 'dipelototi' pansel.

"Semua calon sudah mengirimkan surat pernyataan untuk dibuka informasinya dan juga rekeningnya," tegas Destri.

Seleksi tahap III ini rencananya akan dimulai pukul 07.00 WIB dan dilaksanakan di Pusdiklat Kementerian Kesehatan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Seleksi tahap III akan diikuti 48 calon pimpinan KPK.
(dhn/elz)

Tidak ada komentar: