BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Jumat, 23 November 2012

Polda: Aksi Unjuk Rasa Buruh Berjalan Tertib

E Mei Amelia R - detikNews

Jakarta - Aparat Kepolisian Daerah Metro Jaya mengklaim aksi unjuk rasa buruh yang berlangsung selama 2 hari sejak Rabu (21/11) dan Kamis (22/11) kemarin berakhir tertib. Tidak ada gangguan keamanan yang cukup signifikan selama aksi unjuk rasa itu berlangsung.

"Aksi buruh ini tertib. Mereka menyampaikan pendapatnya tanpa ricuh dan ribut," ujar Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya Kombes Chairul Noor Alamsyah kepada wartawan, Jumat (23/11/2012).

Chairul menyampaikan apresiasinya terhadap kaum buruh yang melakukan demo dengan tertib dan aman. Menurutnya, kaum buruh telah menyampaikan aspirasinya dalam unjuk rasa tanpa melanggar ketentuan hukum yang berlaku.

"Ini patut ditiru dan diapresiasi. Menyampaikan aspirasi dan pendapat itu boleh, diatur undang-undang tapi tidak boleh anarkis," katanya.

Para pengunjuk rasa, kata dia, melakukan aksinya sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan. "Usai jam unras selesai, sebelum pukul 18.00 wib, buruh yang demo di DPR sudah pulang dan kembali ke busnya dengan tertib," ucapnya.

Seperti diketahui, massa buruh menggelar aksi unjuk rasa selama dua hari, Rabu (21/11) dan Kamis (22/11) kemarin. Massa yang datang dari berbagai daerah seperti Tangerang, Bogor, Depok dan Bekasi memusatkan konsentrasinya di 4 titik yakni Bundaran Hotel Indonesia, Istana Merdeka, depan gedung DPR/MPR RI dan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans).

Aksi ini dihadiri oleh sejumlah elemen buruh seperti SPSI, SBSI, SPM, KSPSI, KSBSI, KSPI dan lain-lain. Aksi ini dilakukan oleh sekitar 60 ribu massa.

Aksi demo dilakukan sebagai upaya penuntutan penghapusan sistem kerja outsourcing, penolakan upah buruh yang murah dan permintaan pengesahan UU BPJS. Pengamanan dilakukan oleh sedikitnya 19.577 personel gabungan dari TNI, Polri dan Pemda DKI. Tidak ada kericuhan selama aksi tersebut berlangsung.

Tidak ada komentar: