BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Jumat, 16 Januari 2015

Badan AirAsia QZ8501 Akan Diangkat Meski Tak Ada Korban

Oleh : Bayu Adi Wicaksono
VIVAnews - Kepala Badan SAR Nasional, Marsekal Madya FHB Soelistyo memastikan akan tetap mengangkat badan Pesawat AirAsia QZ8501 dari dasar laut meski tidak ditemukan korban di dalamnya.

Kepastian pengangkatan badan pesawat yang ditemukan di dasar Selat Karimata, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah diutarakan Soelistyo dalam keterangan persnya kemarin, Kamis 14 Januari 2015.

"Saya pastikan, meskipun tidak ada, badan pesawat tetap saya angkat," kata Soelistyo.

Menurut Soelistyo, hanya dengan cara mengangkat badan pesawat dapat dipastikan kondisi pesawat sebenarnya untuk mengambil keputusan memperpanjang waktu operasi pencarian korban.

"Itu artinya saya ingin memenuhi harapan keluarga untuk memperpanjang operasi ini," paparnya.

Namun, meski demikian, Soelistyo sangat berharap korban bisa ditemukan sebanyak-banyaknya.

"Saya berharap mudah-mudahan bisa bertambah," katanya.

Untuk operasi SAR AirAsia QZ8501 hari ini, Jumat 16 Januari 2015, Soelistyo akan kembali mengerahkan penyelam untuk memastikan kondisi badan pesawat dan kemungkinan ada korban yang ditemukan sebelum badan pesawat itu diangkat.

"Nanti kita tunggu hasil observasi penyelam baru kita lakukan rencana selanjutnya, fokus utama kita tetap mencari korban," tegasnya.

Jika sudah diketahui dan dievaluasi kondisi badan pesawat, maka dipastikan akan segera dilakukan pengangkatan.

"Tekniknya sama seperti kemarin saat angkat ekor. Kita pakai sling dan balon. Saya berharap tidak lepas dari tujuan," katanya.

Tidak ada komentar: