Yogyakarta (ANTARA News) - Polda Daerah Istimewa Yogyakarta bersama dengan TNI dan instansi terkait lainnya, Sabtu pagi menggelar apel pengamanan dalam rangka peringatan hari buruh se dunia yang jatuh pada Minggu 1 Mei.

Apel tersebut diikuti seluruh satuan fungsi Polri di jajaran Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Satbrimob, TNI AD, TNI AU, TNI AL, Satpol PP DIY dan Pemadam Kebakaran dari Kota Yogyakarta.

Kapolda DIY Brigjen Pol Ondang Sutarsa Budi mengatakan pihaknya bersama jajaran dan institusi yang ada di DIY siap untuk memberikan pelayanan dan pengamanan terhadap penyampaian aspirasi para buruh yang kemungkinan akan dilakukan bertepatan dengan hari buruh se dunia ini.

"Kami akan melakukan pengawalan dan pengamanan terhadap para buruh yang akan menyampaikan aspirasi yang dilakukan dengan tertib," kata Brigjen Ondang Sutarsa Budi .

Menurut dia, pengawalan dan pengamanan ini dilakukan untuk mengantisipasi orang atau pihak lain yang mempunyai kepentingan dan sengaja mengusik perjalanan para buruh dalam menyampaikan aspirasi.

"Bagaimanapun juga jika buruh kumpul dalam jumlah ribuan ini akan sangat rawan ditunggangi pihak-pihak yang ingin mengacaukan keamanan, untuk itu kami siap melakukan pengawalan dan pengamanan dan saat ini status Siaga I," katanya.

Kapolda Yogya mengatakan, pengamanan ini juga untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat DIY yang sedang melaksanakan aktivitas.

"Pengamanan ini tetap mengedepankan kegiatan preventif yang didukung kegiatan intelijen, preemtif dan represif kepolisian untuk menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif," katanya.