BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Kamis, 31 Mei 2012

Kepala BNP2TKI : Reformasi Belum Selesai

INILAH.COM, Yogyakarta - Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Mohammad Jumhur Hidayat menggugah para mahasiswa untuk menuntaskan agenda reformasi dengan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Hal itu disampaikan saat Konferensi Tingkat Tinggi Mahasiswa Indonesia 2012 di Kabupaten Sleman, Yogyakarta pada Rabu (30/5/2012) malam.

"Kalau dahulu Bung Karno bilang revolusi belum selesai maka sekarang adalah reformasi belum selesai," katanya.

Mantan aktivis mahasiswa era 80-an itu mengingatkan bahwa agenda reformasi sejak 1998 adalah mendobrak otoritarianisme politik dan melawan konglomerasi ekonomi serta KKN. Bahkan ia juga pernah dipenjara selama tiga tahun di Nusakambangan karena menolak kehadiran Menteri Dalam Negeri, Rudini ke Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 5 Agustus 1989 lalu.

"Sekarang hampir setiap hari mahasiswa berdemo dengan menuntut mundur pejabat bahkan membakar foto Presiden tetapi tidak ada tuduhan melawan pemerintah," tukas Jumhur.

Ia menegaskan reformasi belum bisa mengatasi masalah kesejahteraan rakyat terutama dalam mengatasi kemiskinan, pengangguran, dan pemberdayaan ekonomi rakyat. Sehingga kesejahteraan rakyat masih bertumpu pada segelintir orang dan belum menyentuh rakyat kecil seperti petani dan buruh.

"Saya ingin tugas reformasi yang belum selesai dapat dijalankan oleh saudara-saudara mahasiswa yakni bagaimana memastikan demokrasi poltik dapat meningkatkan kesejahteraan demokrasi ekonomi," tambahnya. [ton]

Tidak ada komentar: