BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Rabu, 16 Mei 2012

Pilgub DKI Jadi Langkah Awal, KPK Targetkan Pilpres 2014 Bersih Korupsi

Fajar Pratama - detikNews

Jakarta KPK tengah memiliki program pencegahan korupsi dengan membantu pengawasan penyelenggaran Pilkada DKI yang digelar tahun ini. Program itu merupakan pilot project dan KPK berharap bisa terus dilaksanakan termasuk sampai ke Pilpres 2014.

"Ini pertama dan jadi pilot project. Targetnya sampai Pilpres 2014. Kita berharap yang pertama ini sukses dan kita bisa melangkah lagi ke depan," tutur Wakil

Ketua KPK Adnan Pandu Praja ketika ditemui di ruang kantornya, di Jl Rasuna Said, Jaksel, Selasa (15/5/2012).

Pengawasan yang dilakukan KPK pada Pigub DKI antara lain dengan membantu proses verifikasi laporan harta kekayaan para kandidat. Selain itu KPK bersama KPUD juga akan mensosialisasikan mengenai pentingnya membentuk good governance pada calon gubernur dan wakil gubernur.

"Kita memilih masuk sejak pemilihan awal karena ini menarik. Kalau di kampanye kan jargon mereka good governance, dan kita harapkan memang ke arah situ," papar Adnan.

KPK melalui KPUD, lanjut Adnan, juga akan mengundang para kandidat untuk kepentingan sosialisasi apa saja yang perlu dilakukan untuk membentuk pemerintahan yang bersih.

"Kami akan mengundang good governance untuk bagaimana sih membuat pemerintahan yang bersih. Nantinya supaya bisa kita berikan masukan. Di sini paketnya banyak, seperti zona integritas, whisle blower system dan LHKPN," ujar mantan sekretaris Kompolnas ini.

KPK turun tangan memberikan bantuan demi Pilkada DKI Jakarta yang bersih dari praktek korupsi. Lembaga ini akan membantu proses pengawasan dengan memverifikasi harta para cagub dan cawagub.

Tidak ada komentar: