BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Jumat, 11 Mei 2012

Komisi V DPR: Selidiki Komunikasi Pilot Sukhoi dengan Petugas ATC

Ferdinan - detikNews

 Jakarta Komisi V DPR meminta Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyelidiki komunikasi antara pilot Sukhoi Superjet 100 dengan petugas Air Traffic Control (ATC) Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

Penyelidikan atas komunikasi diperlukan karena pilot sempat meminta izin turun dari ketinggian 10 ribu kaki ke 6 ribu kaki saat melintasi pegunungan di Bogor. Pesawat ini melakukan joy flight dari Bandara Halim Perdanakusuma menuju Pelabuhan Ratu.

"Perlu investigasi secara komprehensif dan membuka rekaman pembicaraan antara pilot dengan petugas ATC," kata Wakil Ketua Komisi V DPR Muhidin Mohamad Said kepada detikcom, Kamis (10/5/2012) malam.

Selain itu perlu diselidiki alasan mengapa pilot Sukhoi meminta izin terbang rendah yang kemudian menabrak tebing Gunung Salak. Bangkai pesawat diperkirakan berada pada ketinggian 2060 diatas permukaan laut (DPL) di titik koordinat 06 42 61 3 lintang selatan dan 106 44 41 2 bujur timur.

Ada empat tim gabungan yang melakukan evakuasi. Tim pertama sudah berada di dekat bangkai pesawat namun terhalang jurang. Sementara tim kedua tengah dalam perjalanan. Tim ketiga dan keempat diberangkatkan dari posko pencarian di Kampung Pasir Manggis, Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk pada pukul 05.00 WIB dan siang nanti.

Tidak ada komentar: