BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 14 Mei 2012

Kotak Hitam Sukhoi Harus di Tangan KNKT

VIVAnews - Tim evakuasi dari Rusia sudah tiba di kaki Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat, untuk fokus pencarian puing-puing pesawat Sukhoi Superjet 100. Apakah kotak hitam atau black box pesawat berpenumpang 45 orang termasuk 8 awak dari Rusia itu akan juga dibawa ke Rusia?

"Kalau pada akhirnya dibawa ke Rusia, maka harus ada tim dari Indonesia yang turut ke sana," kata Sunaryo, perwakilan dari Trimarga Rekatama, dalam perbincangan dengan VIVAnews.

Menurut Sunaryo, untuk investigasi penyebab pesawat itu menabrak tebing, jatuh, dan hancur berkeping-keping itu menjadi kewenangan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Sunaryo yakin, KNKT bekerja dengan sangat profesional.

"Tetapi kotak hitam itu secara resmi harus di tangan KNKT," ujar Sunaryo yang tak henti-hentinya menerima telepon dari banyak pihak. Saat ini, informasi resmi yang diterima Trimarga bahwa kotak hitam belum ditemukan. "Kotak hitam sampai sekarang belum dikatakan ketemu."

Ketua KNKT Tatang Kurniadi, membenarkan bahwa lokasi kotak hitam sudah diketahui. Tetapi, karena medan lokasi kotak hitam cukup sulit maka pencarian dilakukan pagi ini. "Lokasinya sudah dideteksi, medannya sulit. Pesawat dalam posisi yang goyang itu harus diperhitungkan dengan baik," kata Tatang Kurniadi.

Lokasi kotak hitam diduga berada di jurang dengan kedalaman 500 meter. Bila cuaca mendukung, tim evakuasi rencananya akan mengangkat kotak hitam hari ini. (eh)

Tidak ada komentar: