BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Jumat, 25 Mei 2012

Uji Emisi, Esemka Akan Diangkut Trailer

VIVAnews - Mobil Esemka akan kembali menjalani uji emisi di Balai Termodinamika Motor dan Propulsi (BTMP)  pada akhir bulan Mei ini. Hanya saja, mobil tersebut tidak dikendarai seperti pada saat pemberangkatan  uji emisi yang pertama, mobil karya siswa SMK itu akan diangkut menggunakan trailer menuju BTMP di Serpong, Tangerang.

Wakil Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengatakan, mobil Esemka positif diberangkatkan dengan menggunakan trailer untuk menjalani uji emisi yang kedua kalinya di BTMP.

"Nanti bisa diangkut dengan trailer maupun kontainer. Tergantung kendaraan mana yang siap untuk mengangkut Esemka," kata Rudy sapaan akrab Wakil Walikota Solo  kepada VIVAnews, Jumat, 25 Mei 2012.

Seperti diketahui, mobil tersebut saat akan menjalani uji emisi yang pertama kali beberapa waktu lalu dikendarai sendiri dari Solo menuju Serpong oleh Wakil Walikota yang ditemani dengan Roy Suryo. Terbukti mobil buatan siswa tersebut tidak mengalami mogok maupun kerusakan mesin selama perjalanan.

Lantas, Rudy pun mengungkapkan ketika pemberangkatan uji emisi yang pertama dengan disopiri memang  ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa mobil Esemka benar-benar mobil yang bisa dinikmati seperti halnya mobil lainnya. Selain itu juga ingin menunjukkan bahwa mobil Esemka  mampu berjalan dari Solo-Jakarta hingga Jakarta-Solo.

"Dengan dibawa trailer dan kondisi mesin Esemka berhenti diperkirakan hasil uji emisi akan jauh berbeda dibandingkan saat dibawa dengan dikendarai Solo-Serpong," paparnya.

Lebih lanjut, dia memastikan mobil Esemka akan diberangkatkan dari Solo, Senin, 28 Mei 2012 nanti. Sedangkan  tes uji emisi masing menunggu jadwal yang dikeluarkan oleh BTMP.

"Harinya kapan masih menunggu dari sana. Tetapi setidaknya kami telah melakukan komunikasi dengan BTMP kapan jadwal uji emisi itu dilakukan," jelas Rudy. (sj)

Tidak ada komentar: