BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Rabu, 09 Mei 2012

Marzuki : Cabut Gelar Akademik Alumni yang Korupsi

INILAH.COM, Jakarta - Setelah menuai kritik atas pernyataannya yang menilai banyak koruptor berasal dari beberapa Perguruan Tinggi (PT) negeri ternama, akhirnya Ketua DPR Marzuki Alie angkat bicara terkait kritikan itu.

Marzuki menilai apa yang disampaikannya tersebut sebagai sebuah kritik membangun bagi seluruh PT negeri di Indonesia.

"Itu bukan statemen, tapi speech saya di diskusi tokoh tentang masa depan PT (Perguruan Tinggi) di Indonesia, saya diminta mengkritisi PT. Kalau tidak mau dikritik minta judul ceramah pandangan baik-baik saja," ujar Marzuki saat dihubungi, Selasa (8/5/2012).

Menurutnya, kehadirannya itu sebagai undangan dari ICMI yang menyelenggaran diskusi di kampus UI. Bahkan sebelumnya Marzuki menyatakan tidak bisa hadir, namun karena topiknya bagus, maka dirinya menyempatkan diri untuk datang.

"Tanya prof Nanat Ketua Presidium ICMI sebagai penyelenggara. Saya sudah tidak akan hadir, tapi diminta tetap hadir, harusnya sudah tahu saya akan bicara apa adanya mengkritisi apa saja yang saya anggap tidak baik," jelasnya.

Marzuki bahkan kembali mengkritik kepada pihak kampus negeri untuk menjadikan perdapatnya sebagai kritik yang membangun. Bahkan jika perlu, Perguruan Tinggi Negeri harus berani mengambil langkah tegas kepada alumnusnya yang tersangkut korupsi.

"Harusnya dipikirkan solusinya, misalnya ada komitmen dari PT untuk mencabut gelar akademik kepada alumninya yang korupsi, bukannya menjadi marah," tegasnya.[dit]

Tidak ada komentar: