BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 28 Mei 2012

Prioritas Pembangunan Wilayah Perbatasan: Pendidikan & Perekonomian

Rivki - detikNews
Sebatik, Pemerintah mempunyai tiga prioritas untuk memajukan wilayah perbatasan Indonesia. Tiga prioritas itu terletak di sektor perekonomian, pendidikan, dan kesehatan.

Hal tersebut diungkapkan Menko Kesra Agung Laksono, dalam sambutannya di Acara Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan, Pulau Sebatik, Kaltim, Minggu (27/5/2012). Turut hadir Mendagri Gamawan Fauzi dan Menpera Djan Faridz dalam acara tersebut.

"Ada tiga hal, pertama pendidikan, mulai dari TK sampai perguruan tinggi harus dimajukan di sini. Agar masyarakat perbatasan bisa menyerap ilmu pendidikan. Kita butuh bidan, kita butuh perawat, dan itu harus ditempuh lewat jenjang pendidikan," kata Agung dalam sambutannya.

Sektor kedua ialah kesehatan. Agung mengatakan dirinya akan melakukan pembangunan fasilitas kesehatan di pulau yang berbatasan langsung dengan Malaysia ini. Bahkan, dirinya akan berupaya menaikkan APBN untuk bidang kesehatan di wilayah perbatasan.

"Kita akan coba tambah anggaran Rp 1 triliun untuk seluruh wilayah perbatasan di Indonesia," tukasnya.

Prioritas ketiga ialah menaikkan taraf perekonomian warga di wilayah perbatasan. Hal itu perlu dilakukan agar kehidupan masyarakat perbatasan di Indonesia tidak kalah dengan negara tetangganya.

"Penaikkan taraf untuk menyamakan kehidupan warga di perbatasan dengan taraf hidup negara tetangga kita," ujar Agung.

Tidak ada komentar: