BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Jumat, 27 September 2013

Mensesneg Minta Semua Instansi Pemerintah Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Oleh : DESK INFORMASI

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Sudi Silalahi telah meminta semua instansi pemerintah agar menyelenggarakan upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada 1 Oktober 2013 di lingkungan kerja masing-masing, dengan suasana khidmat, tertib dan sederhana.
Permintaan tersebut disampaikan Mensesneg melalui surat tertanggal 20 September 2013 yang ditujukan kepada Pimpinan Lembaga Negara, para Menteri, Panglima TNI, Kapolri, Jaksa Agung, Gubernur Bank Indonesia, para pimpinan Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), para Gubernur, Bupati dan Walikota seluruh Indonesia, para pipinan BUMN/BUMN, dan para Kepala Perwakilan RI di luar negeri.
Dalam buku pedoman penyelenggaraan yang disertakan dalam surat tersebut, Mensesneg Sudi Silalahi mengatakan, Hari Kesaktian Pancasila pada 1 Oktober adalah milik bangsa Indonesia. “Nilai-nilai yang terkandung di dalamnya agar benar-benar dihayati dan diamalkan sehingga dapat menjadi kekuatan untuk menanggulangi rongrongan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tuturnya.
Ia menyebutkan, tema peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2013 secara nasional adalah “Mewujudkan Nilai-nilai Pancasila Sebagai Kepribadian Bangsa”.
Presiden Jadi Irup
Sementara itu pada peringatan puncak Hari Kesaktian Pancasila, 1 Oktober 2013, yang akan diselenggarakan di Monumen Pancasila Sakti, Jl. Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang dijadwalkan akan bertindak sebagai Inspektur Upacara. Adapun yang akan bertindak selaku Komandan Upacara adalah Brigjen TNI Totok Rinanto S.
Bertindak sebagai Pembaca Nasakah Pancasila adalah Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman; Pembaca Naskah Pembukaan UUD 1945: Ketua MPR Sidharto Danusubroto; Pembaca dan Penandatangan Ikrar: Ketua DPR Marzuki Alie; dan Pembaca Doa: Menteri Agama Suryadharma Ali.

Tidak ada komentar: