BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Sabtu, 28 September 2013

Mulai 4 Oktober, Nusa Dua Bali Ditutup Untuk Umum

Oleh: Dewa Putu Sumetra

INILAH.COM, Denpasar - Jelang Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC di Bali, mulai 4 Oktober 2013 nanti, kawasan Nusa Dua, Bali akan tertutup untuk umum. Hanya orang yang berkepentingan dan memiliki ID khusus KTT APEC yang diperbolehkan memasuki kawasan elit tersebut.
Komandan Satgas Penerangan Komando Gabungan Pengamanan KTT APEC Kolonel Infantri Bernardus Robert menyatakan setiap orang yang akan masuk ke kawasan Bali Tourism Development Corporation (BTDC) Nusa Dua harus memiliki identitas khusus seperti stiker atau kartu identitas KTT APEC.

"Sejak tanggal 4 Oktober nanti, kawasan Nusa Dua akan tertutup. Kendaraan yang boleh masuk hanya yang memiliki stiker khusus. Sementara bagi Warga harus memiliki ID khusus APEC yang diijinkan masuk," ujar Robert di Denpasar, Sabtu (28/9/2013).

Robert menghimbau bagi warga yang tidak berkepentingan dan kendaraanya tidak memiliki stiker khusus mohon jangan memasuki kawasan BTDC Nusa Dua. Menurutnya, seluruh kendaraan akan diparkir di lapangan yang berada di luar kawasan Nusa Dua.

"Mereka yang masuk BTDC akan dijemput dengan menggunakan mobil khusus dan diantar ke pusat kawasan BTDC," katanya.

Saat ini, kata Robert, seluruh pasukan sedang melakukan latihan dan simulasi yang seluruhnya dipusatkan di kawasan Nusa Dua. Adapun materi latihannya antara lain tentang patroli, pengintaian, serta beberapa teknik lainnya.

"Seluruh pengamanan dilakukan secara terintegrasi. Simulasi yang sama juga dilakukan di beberapa Wilayah Kodam lainnya seperti angkatan laut di Surabaya, Lanud di Makasar dan seterusnya. Bahkan teman-teman di Polri juga melakukan patroli rutin di seluruh Bali," jelasnya.

Jelang KTT APEC ini, Pengamanan ketat sudah dilakukan wilayah, baik di wilayah Bali maupun di beberapa wilayah lainnya seperti Jawa Timur, NTB, NTT dan Sulawesi. "Semua unsur dan kesatuan saat ini sudah siap siaga. Pokoknya kita akan berbuat yang terbaik. Kita ingin tunjukan kepada dunia bahwa kita bisa melakukan pengamanan yang terbaik," tegasnya.

Robert mengaku seluruh aparat yang terlibat dalam Satgas Pengamanan KTT APEC nanti sudah melakukan tugas dan perannya masing-masing, baik angkatan laut, udara dan angkatan darat.

"Saat ini Polri juga sudah menggelar operasi Cipta Kondisi di seluruh Bali dan siaga tinggi di Jawa Timur dan NTB. Seluruh wilayah perairan Bali juga dilakukan pengamanan. Sementara jumlah peralatan dan fasilitas masih menunggu konfirmasi lengkap dari Mabes TNI," tandasnya.[bay]

Tidak ada komentar: