BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Sabtu, 28 September 2013

Model Rusia Diamankan Petugas Imigrasi Jaksel

Oleh: Ahmad Farhan Faris

INILAH.COM, Jakarta - Seorang model asal Rusia, Lazeria Julia (23) diamankan petugas imigrasi Jakarta Selatan. Pasalnya, Julia diduga telah menyalahi aturan izin tinggal di Indonesia.
Kepala Seksi Pengawasan Kantor Imigrasi Jaksel, Anggi Wicaksono mengatakan, pada tanggal 27 September 2013 pihaknya melakukan pemeriksaan terhadap Julia karena yang bersangkutan menyalahi izin tinggal di sini.

"Julia memiliki izin tinggal visa kunjungan saat kedatangan (visa on arrival), namun ia melakukan kegiatan sebagaimana profesinya sebagai model," kata Anggi di Jakarta, Jumat (27/9/2013).

Anggi menjelaskan, Julia telah melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan maksud dan pemberian izin tinggal terhadapnya. Dalam hal ini, Julia telah melanggar aturan pasal 122 huruf a Undang-Undang Nomor 6 tahun 2011 tentang keimigrasian.

"Tapi yang bersangkutan mengaku kepada petugas tidak bekerja sebagai model, namun sedang berlibur di Bali," ujarnya.

Ia melanjutkan, saat ini petugas imigrasi Jakarta Selatan masih melakukan pemeriksaan intensif terhadap perempuan yang berprofesi sebagai model itu. Menurutnya, Julia juga terindikasi terkait dengan salah satu agency model di Indonesia inisial AM.

"Apabila ditemukan bukti-bukti yang terkait, agency model AM juga dapat diancam pidana sebagaimana diatur pasal 122 huruf b No 6 tahun 2011 tentang keimigrasian, yaitu memberikan kesempatan orang asing menyalahgunakan izin tinggal di Indonesia," jelasnya.

Anggi menambahkan, atas perbuatannya juga keduanya dapat diancam pidana 5 tahun penjara atau denda Rp 500 juta. "Kami berharap tindakan tegas terhadap pelanggaran ini juga merupakan peringatan terhadap agency model lainnya di Indonesia, khususnya di Jaksel untuk memenuhi peraturan di Indonesia," tandasnya. [ris]

Tidak ada komentar: