BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Jumat, 27 September 2013

Tanam Satu Pohon di Waduk Ria Rio Habiskan Dana Rp20 Juta

VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menata Waduk Ria Rio di Kawasan Pedongkelan, Pulomas, Kayu Putih, Jakarta Timur. PT Jakarta Propertindo ditunjuk langsung oleh Pemprov DKI sebagai pelaksana proyek tersebut.

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo, Budi Karya menyebutkan di sepanjang bantaran Waduk Ria Rio itu akan dibangun ruang terbuka hijau dengan menanam 100 pohon dari berbagai jenis.

"Nanti pohonnya banyak. Ada pohon Pulay, Palem, Kelapa Sawit, Kara Ayung, penanaman selesainya pertengahan 2014. Kemudian tamannya kira-kira enam hektar dan selesai akhir 2014," kata Budi di Waduk Ria Rio, Jakarta Timur, Kamis 26 September 2013.

Budi menuturkan, untuk penanaman 100 pohon dibutuhkan biaya sebesar Rp2 miliar. Artinya, biaya penanaman setiap pohon Rp20 juta. Jumlah tersebut tidak termasuk dengan pembuatan taman di sekitar Waduk.

Sedangkan total anggaran untuk  penataan Waduk sebesar Rp800 miliar. Penanggungjawab pembangunan waduk Ria Rio itu sendiri dibagi dua yakni oleh PT Jakarta Propertindo dan Dinas Petamanan dan Pemakaman.

Budi menambahkan, pohon-pohon tersebut selain berfungsi sebagai serapan air dan ruang terbuka hijau juga bertujuan membuat teduh sekitar taman, sebab di sisi selatan akan dibangun Ampi Teater atau panggung pertunjukan seni terbuka untuk warga Jakarta.

"Nanti Ampi Teater di sini bisa untuk nari-nari, nanti sore-sore bisa teduh kalau ada pohon. Selain itu juga sebagai fungsi estetika. Bisa untuk jadi land mark dan menujukkan bahwa Jakarta banyak tamannya," ucap dia. (eh)

Tidak ada komentar: