BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Selasa, 30 Oktober 2012

Jokowi Harus Rangkul Daerah Lain di Sekitar Jakarta

Rina Atriana - detikNews

Jakarta - Sebagai kota metropolitan sekaligus ibu kota negara Indonesia, tentu saja permasalahan Jakarta adalah permasalah yang kompleks. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus membina hubungan yang baik dengan daerah di sekitarnya.

"Setiap daerah tidak bisa membangun sendiri, harus ada kerjasama antar daerah dan antar jenjang pemerintahan. Adanya kemitraan dan keterbukaan akan menimbulkan kerjasama antar daerah. Tidak mungkin Jakarta bisa menyelesaikan masalahnya sendiri," kata pengamat perkotaan, Yayat Supriyatna, kepada detikcom, Selasa (30/10).

Menurut Yayat, selama ini peran dari Badan Kerjasama Pembangunan Daerah (BPKD) belum optimal. Seharusnya melalui lembaga itulah, antar daerah bisa saling belajar dan mengisi.

"Kerjasama ada melalui BKPD, namun belum optimal. Sebetulnya yang sekarang harus diperkuat adalah peran dari BPKD," ujar Yayat.

Dikonfirmasi terpisah, pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zahro, Selasa (30/10), mengatakan kerjasama tersebut penting untuk membahas potensi dan kelebihan daerah masing-masing. Sehingga hubungan yang terjalin adalah hubungan yang saling menguntungkan.

"Kerjasama bisa terjadi jika ada keuntungan bersama, ada mutualisme. Saya perhatikan Jokowi tidak terlalu sulit membuka kanal-kanal kerjasama (dengan daerah di sebelahnya)," kata Siti.

Tidak ada komentar: