Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Taufan Eko Nugroho Rasiko mengatakan, pihaknya akan memberi penghargaan "Bapak Demokrasi" kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Hal itu dikatakan Taufan Eko Nugroho dalam konferensi pers seusai diterima Presiden Yudhoyono di Jakarta, Minggu Sore.

"Kami Insya Allah bulan November memberikan penghargaan tersebut," katanya.

Ia mengatakan, penghargaan tersebut diberikan karena Presiden Yudhoyono merupakan presiden pertama yang dipilih secara langsung oleh rakyat dan terpilih dalam dua kali periode.

Selain itu, menurut dia, Presiden Yudhoyono juga dinilai berhasil dalam menjaga stabilitas politik dan ekonomi sehingga membuat Indonesia dipandang di dunia.

Sementara itu, Ketua Panitia Rakernas KNPI, Andi Yudi Hendriawan mengakui bahwa Presiden mengapresiasi KNPI saat ini. 

Menurut Andi, Presiden berharap KNPI bisa menjadi "kawah candra dimuka" kader bangsa dan negara bersama dengan aparat pemerintah.

Andi mengatakan, KNPI yang terhimpun dalam 116 OKP dapat memberdayakan potensi pemuda melalui  tiga hal penting yaitu, pengembangan karakter, pembangunan kebangsaan nasionalisme serta kemandirian.

"Presiden menekankan tiga hal penting yang harus dikembangkan kerjasama dengan kementerian terkait, yaitu pembangunan karakter, pembangunan kebangsaan nasionalisme serta kemandirian," kata Andi Yudi Hendriawan yang juga menjabat sebagai ketua umum DPP Generasi Muda Mathla’ul Anwar (DPP GEMA MA) itu.

Rapat kerja Nasional (Rakernas) KNPI akan digelar pada 22--24 Oktober 2012 di Lombok Barat, NTB. Menko Polhukam Djoko Suyanto dijadwalkan hadir untuk membuka Rakernas KNPI.
(ANT)