BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Kamis, 18 Oktober 2012

Ketua MA: Jangan Anggap Hakim Buruk karena Kasus Puji

Rivki - detikNews

Jakarta Hakim Puji Widjayanto tertangkap tangan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) sedang pesta sabu. Berkaca dari kasus itu, Mahkamah Agung (MA) meminta agar masyarakat tetap berprasangka baik pada profesi hakim. jangan menganggap hakim buruk akibat perbuatan Puji.

"Jangan menggenarilisir 1 hakim ke seluruh hakim. Jangan mengambil kesimpulan gara-gara 1 hakim, semua hakim rusak," kata Ketua MA Hatta Ali saat acara peresmian pelantikan pengurus Ikatan Alumni Universitas Airlangga, di Hotel Sultan, Jl Sudirman, Jakarta, Kamis (18/10/2012).

Ia menambahkan saat ini ada 7.000 orang yang berprofesi sebagai hakim. Oleh karena itu, tidak semua yang menjalankan profesi hakim dicap buruk oleh masyarakat. Dia sendiri mengakui kalau dari 7.000 hakim itu ada yang nakal.

"Ada 7000 hakim saat ini, memang saya akui ada yang nakal. Tapi jangan lupakan juga yang baik. Malah lebih banyak yang baik," tutur mantan ketua bidang pengawan Mahkamah Agung ini.

Hatta Ali juga akan belajar dari pengalaman buruk yang menimpa profesi hakim ini. MA akan lebih ketat melakukan pengawasan kepada para hakim di seluruh Indonesia.

"Kita harus melakukan tindakan tegas terkait kasus ini," pungkasnya.

(

Tidak ada komentar: