BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Minggu, 07 September 2014

Singapura Beri Presiden SBY Gelar 'Order of Temasek First Class'

Moksa Hutasoit - detikNews

Singapura - Dalam hitungan bulan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan segera lengser. Menjelang akhir masa jabatan SBY, Pemerintah Singapura bakal memberinya tanda kehormatan luar biasa, Order of Temasek.

"Presiden Yudhoyono akan menerima gelar Order of Temasek First Class dari Pemerintah Singapura," kata staf khusus presiden bidang luar negeri, Teuku Faizasyah di Hotel Shangri-La Singapura, Selasa (2/9/2014).

Apa itu gelar Order of Temasek? Penghargaan ini adalah tanda kehormatan luar biasa yang diberikan Presiden Singapura atas saran Perdana Menteri. Tanda jasa dengan klasifikasi 'Honours' ini sebagai bentuk pengakuan jasa dalam pencapaian dan pelayanan yang diberikan.

Selama Singapura berdiri, baru 11 orang saja yang sudah mendapat gelar tersebut. Yang pertama adalah Lim Kim San, eks Menteri Kabinet Singapura pada tahun 1962. San mendapat gelar ini karena keberhasilannya membuat landasan pembangunan infrastruktur perumahan rakyat.

Ada juga Ratu Elizabeth, Pangeran Norodom Sihanouk serta Ferdinand Marcos yang juga didapuk menjadi penerima. Bahkan Presiden Soeharto pernah juga mendapat gelar yang memiliki nama lain 'Darjah Utama Temasek' ini di tahun 1974.

Gelar ini memiliki tiga kelas. Mulai dari First Class, Second Class serta kelas ketiga. Tentu saja SBY mendapat first class karena dianggap berjasa dalam memajukan hubungan bilateral Indonesia-Singapura dalam 10 tahun terakhir.

Tidak ada komentar: