BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Jumat, 19 September 2014

Tim Peneliti Undang Ahli Numismatik Teliti Koin Misterius di Gunung Padang

Danu Damarjati - detikNews

Jakarta - Koin yang ditemukan di Gunung Padang menyimpan misteri. Koin itu ditemukan arkeolog di kedalaman 11 meter saat melakukan ekskavasi situs megalitikum itu. Tim peneliti Gunung Padang mengundang ahli numismatik untuk meneliti koin itu.

"Kami membuka diri jika ada peneliti, pemerhati, pecinta numismatik yang ingin memberikan informasi mengenai koin yang mirip atau sama dengan koin Gunung Padang," kata arkeolog Ali Akbar, Jumat (19/9/2014).

"Informasi tersebut tentu sangat berharga dalam menyingkap misteri peradaban Gunung Padang yang masih terpendam," tambah dia.

Dosen Arkelologi UI ini kemudian menguraikan detil koin misterius yang belum diketahui asal usulnya. Koin tersebut tidak memiliki lubang di tengahnya. Berdiameter 17 mm dengan tebal 1,5 mm.

Di bagian pinggir terdapat motif gawangan (seperti gawang). Motif ini berupa garis tegak menyambung dengan garis mendatar menyambung lagi dengan garis tegak dan seterusnya. Lalu terdapat lingkaran dengan diameter 10,5mm.

Lingkaran tersebut ternyata dibentuk oleh lingkaran-lingkaran atau bulatan-bulatan kecil yang letaknya saling menempel berdampingan sehingga membentuk lingkaran berdiameter 10,5 mm tersebut.

"Ayo bantu identifikasi Koin Gunung Padang. Koin itu ditemukan pada tengah malam antara tanggal 14 dan 15 September 2014 pada kedalaman 11 meter di Situs Gunung Padang," tutupnya.

Anda tahu soal koin seperti itu? Anda bisa berbagi informasi soal koin itu ke redaksi@detik.com, jangan lupa sertakan nomor telepon Anda. Atau bisa langsung menemui tim peneliti di Gunung Padang Cianjur.

Tidak ada komentar: