BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Senin, 15 September 2014

Motivasi bagi kaum muda dari pemenang Nobel Perdamaian

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak

 Jakarta (ANTARA News) - Pemenang Nobel Perdamaian 2006 Professor Muhammad Yunus memberikan motivasi bagi generasi muda bangsa agar menjadi pebisnis sosial, bukan memperkaya diri sendiri.

Yunus mengemukakan hal itu dalam diskusi "Sociopreneurship: Unlocking Indonesia's Great Potential" di Universitas Paramadina, Jakarta, Senin.

Yunus mengajak peserta yang kebanyakan dari kalangan mahasiswa untuk tidak menjadi pencari kerja tetapi pemberi kerja.

"Setelah lulus kuliah, jangan berpikir saya kerja apa, mengirim lamaran ke perusahaan. Tetapi jadilah orang yang memberikan pekerjaan, bermanfaat bagi hidup orang lain," katanya.

Ia mengatakan generasi muda dapat mempengaruhi orang dengan mendatangi mereka, mengajak bicara, memberikan ide dan menjadi fasilitator.

"Biarkan mereka belajar dari Anda, Anda memfasilitasi mereka. Anda bisa memulainya dengan memberi ide, solusi masalah mereka," katanya.

Ia mengajak untuk menjadi pebisnis sosial, pebisnis yang bukan semata-mata mengejar keuntungan pribadi.

"Ini adalah bisnis yang bisa kamu ciptakan untuk membantu orang lain, tidak semata-mata memperkaya diri, yang terpenting jangan menjadi orang yang menggambil segalanya dari orang miskin seperti lintah darat," katanya.

Acara tersebut turut dihadiri Deputi Direktur American Institute for Indonesian Studies (AIFIS) Johan Purnama dan dimoderatori oleh Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan.

Tidak ada komentar: