BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Rabu, 17 September 2014

Awas, Remaja Jadi Target Empuk Bandar Narkoba

Oleh: Marlen Sitompul

 INILAHCOM, Jakarta - Rasa keingintahuan dan penasaran yang besar, menjadi salah satu penyebab remaja terjerumus pada penyalahgunaan narkoba.

Badan Narkotika Nasional (BNN) mengakui, hal itu menjadi salah satu alasan bandar narkoba melirik remaja menjadi target pasar. Maka, tidak heran jika remaja tanggung menjadi sasaran empuk.

Pejabat bidang pencegahan BNN, Rotua Sihotang mengatakan, perlunya pendampingan menyeluruh dan berkesinambungan terhadap para remaja. Sebab, tidak cukup peran aktif BNN semata, tapi perlu peran nyata keluarga, pihak sekolah serta para remaja itu sendiri.

“Sebagai lembaga negara, kita akan terus mencoba melakukan upaya-upaya preventif. Antara lain lewat Focus Group Discussion (FGD) di sejumlah sekolah-sekolah dan kelompok-kelompok masyarakat. Kita juga terus menerus melakukan kampanye secara terbuka,” kata Rotua, dalam FGD yang digelar, di SMP Santo Fransiskus II, Jakarta Timur, Selasa (16/9/2014).

Di hadapan ratusan remaja, Rotua mengatakan, merokok merupakan langkah awal atau pintu gerbang bagi remaja menjadi pengguna narkoba. Narkoba, lanjut Rotua, sejatinya telah merusak generasi penerus bangsa.

"Karena tak hanya merusak organ tubuh, tetapi juga otak sehingga dapat mempengaruhi pola pikir dan tindakan. Jadi, pemahaman edukasi akan bahaya narkoba pun memang seharusnya ditanamkan sejak dini agar siswa mengetahui apa dampak dari obat-obatan berbahaya itu, sehingga nantinya mereka akan tegas dan terampil untuk menolak narkoba,” katanya. [mes]

Tidak ada komentar: