BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Rabu, 17 September 2014

Hak Orang Tua Kita

Oleh: Ahmad Imam Mawardi

SANG Guru berkata: "Kebaikanmu kepada kedua orang tuamu bukanlah suatu kelebihan yang perlu senantiasa engkau banggakan, karena kebaikanmu kepada beliau berdua itu sesungguhnya adalah kewajibanmu yang menjadi hak mereka."
Sering kita menganggap orang tua kita tidak peduli pada kita. Padahal yang sebenarnya adalah hanya karena tuntutan kita yang melebihi kemampuan mereka.
Sering kita menganggap bahwa orang tua kita tidak sepaham dengan kita dan karenanya maka tidak perlu diajak musyawarah. Padahal sesungguhnya adalah mereka berfikir sesuatu yang tidak kita fikir, berfikir sambil berdoa semoga kita senantiasa aman, sukses dan bahagia.
Orang tua yang tahu betul sulitnya membesarkan dan mendidik anak tidakllah mungkin tega kehilangan darah dagingnya sendiri yang diharapkannya bahagia. Sementara anak yang tidak pernah tahu pahit getirnya perjuangan orang tua, akan sangat mungkin melupakan mereka ketika menemukan kesenangan di luar mereka. Kami berlindung kepada Allah dari akhlahh yang tidak baik ini.
Buatlah orang tua kita bahagia. Jangan pernah lupa menyapa mereka bagaimanapun caranya. Tanyakan apa yang mereka perlukan, penuhi permintaannya. Allah akan menggantinya dengan ganti yang lebih baik. Salam. [*]

Tidak ada komentar: