BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Rabu, 17 September 2014

Kabinet Jokowi Fokus Pada 3 Bidang, Apa Bedanya dengan Kabinet SBY?

Septiana Ledysia - detikNews

 Jakarta - Presiden terpilih Joko Widodo telah mengungkapkan arsitektur kementerian di bawah pemerintahannya. Duet Jokowi-JK ini akan fokus di bidang kedaulatan pangan, kemaritiman serta kependudukan.

Apa perbedaan tugas spesifiknya dengan kementerian yang ada saat ini?

"Ya setiap ada perubahan nomenkratur, tugas pokok dan fungsinya juga akan berbeda. Yang sudah ditawarkan perbedaanya kalau dari kelembagaan akan mengarah pada kenamaan dan penaatan di eselon satu dan kedua serta pengurusan indeks kinerja berubah," tutur Deputi Tim Transisi Andi Widjajanto di Kantor Transisi, Jl Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (16/9/2014).

Tiga kementerian tersebut menjadi perhatian utama Jokowi-JK agar dapat mencapai efisiensi pemerintahannya. Lalu cara kerjanya menjadi lebih detail.

"Akan sangat detail, kementerian kependudukan target-target kerja awalnya data maping kependudukan lalu disitu ada beberapa national review yang berbasis pada satu data base bersama, seperti national database review yang dilakukan kementrian kependudukan, peta2 kemiskinan juga dibuat itu bergerak membangun dengan basis data yang sama," lanjutnya.

"Selama ini indikator berbeda-beda dipakai kementerian, misalnya jumlah angka kemiskinan berbeda-beda. Seperti untuk program A sekian juta dan program B berubah, itu makanya penting solid datanya," pungkas Andi.

Tidak ada komentar: