BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Sabtu, 13 September 2014

Pemerintah Ingatkan Indonesia Krisis Energi

Oleh: Dedy Helsyanto

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah mewanti-wanti Indonesia sedang mengalami krisis energi. Krisis ini bisa dilihat dari pasokan listri PLN di sejumlah wilayah yang sedikit, sehingga sering terjadi pemadaman.
Direktorat Jenderal Listrik dan Pemanfaatan Energi Kementerian ESDM, Ir. Jarman mengatakan, Indonesia sedang mengalami krisis energi yang akan berdampak kepada krisis listrik di beberapa daerah Indonesia.
Menyikapi hal itu, Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) Djarot Sulistio Wisnusubroto, menyatakan dibutuhkan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) untuk menyelesaikan masalah energi, khususnya listrik tersebut.
"Diantaranya dengan mengoperasikan PLTN pada tahun 2024," ujar Djarot, disela-sela Diklat Batan yang bertajuk "Mengenal Lebih Dekat dengan Iptek Nuklir", di Bogor, Sabtu (13/9/2014).
Ada beberapa tempat, yang memungkinkan untuk pembangunan PLTN itu. Diantaranya di Jepara, Banten dan Bangka Belitung. "Namun yang memenuhi syarat tidak berpotensi gempa dan tsunami yakni di Bangka Barat dan Bangka Selatan," katanya.
Dia juga mengingatkan, sebelum membangun PLTN di daerah Bangka tersebut, harus diselesaikan dulu permasalahan lahan, dan sosialisanya kepada masyarakat. Dengan begitu, Djarot menegaskan, Batan hanya berada pada posisi membantu menyiapkan dan mensosialisasikan pembangunan PLTN tersebut.
"Karena ada atau tidak adanya PLTN, Batan tetap ada dan berjalan," katanya. [gus]

Tidak ada komentar: