BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Kamis, 25 September 2014

DPRD DKI Akan Bentuk Pansus Evaluasi Kinerja Ahok

Oleh: Ajat M Fajar

INILAHCOM, Jakarta - DPRD DKI Jakarta akan membahas soal pembentukan panitia khusus (Pansus) untuk mengevaluasi kinerja Wakil Gunernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Sekretaris Fraksi Partai Gerindra DPRD DKI, Fajar Sidik mengatakan, saat ini anggota dewan sedang mengumpulkan materi soal kinerja Ahok sebelum dilantik menjadi gubernur DKI.

"Kita lagi kumpulin rekam jejak dia (Ahok), termasuk dari orang-orang yang dia dipecat," ujar Fajar kepada INILAHCOM, Kamis (25/9/2014).

Menurutnya, langkah ini dilakukan atas daras adanya penolakan dari masyarakat terhadap proses pelantikan Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Pihak yang sudah menyatakan penolakan itu adalah Front Pembela Islam (FPI) yang telah menyampaikan sikapnya dengan aksi unjuk rasa pada Rabu (24/9) siang.

Fajar mengatakan, wacana pembentukan pansus ini akan dibahas setelah pimpinan DPRD DKI resmi dilantik dan susunan alat kelengkapan dewan sudah terbentuk.

"Insyaallah Senin (29/9) kami sudah bergerak (membahas soal pansus)," katanya.

Dia menjelaskan, pansus ini akan mengevaluasi kinerja Ahok selama ini. Bahkan dalam pansus ini juga akan dibahas soal kemungkina DPRD DKI menggunakan hak-haknya seperti interpelasi dan angket.

"Kita mau rapat soal pansus untuk membahas Ahok ini mau dibawa kemana. DPRD sendiri sudah sangat resah dengan sikap Ahok," katanya.

Fajar menilai, pansus ini penting untuk memberikan kepastian apakah Ahok layak atau tidak dilantik sebagai Gubernur DKI Jakarta sepeninggalan Jokowi nanti.

"Kalau dia naik gubernur program dia nanti tdk jalan kalau kami (DPRD) tidak setujui," katanya. [fad]

Tidak ada komentar: