BERBUAT BENAR ADALAH KEHARUSAN, BERBUAT TIDAK BENAR ADALAH KETIDAK HARUSAN

Jumat, 19 Februari 2016

Pertamina Tak Bakal Perhitungan dengan Rio Haryanto

Oleh : Adrianus Mandey, Riki Ilham Rafles
VIVA.co.id - Pertamina sudah mengatakan siap memberikan dana sebesar 5 juta euro, supaya Rio Haryanto bisa bergabung dengan tim Manor Racing di musim 2016. Pembalap muda itu diharapkan bisa jadi pembalap Indonesia pertama di Formula 1.

Jumlah yang dijanjikan Pertamina akan memenuhi sepertiga dari jumlah yang diminta Manor, sebagai mahar jatah kursi mereka yang totalnya sebesar 15 juta euro. Pertamina mengklaim, apa yang mereka lakukan bukan didasari sepenuhnya kepentingan bisnis.

Mereka merasa wajib untuk mengangkat posisi Indonesia hingga bisa sejajar dengan negara lain. "Kita BUMN 100 persen saham negara. Benar-benar representasi di bidang migas. Bagaimana alat negara sukses di internasional, kalau memikirkan untung rugi, tidak akan jalan," kata Vice President Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro.

Wianda berharap anak muda Indonesia bisa mencontoh sosok Rio. Perjuangan pemuda berusia 23 tahun itu untuk mewujudkan mimpinya.

Rio disebutnya tak pernah putus asa, seperti dalam mencari sponsor yang mau mendukungnya berlaga di F1. "Rio bukan hanya role model Pertamina, tapi anak Indonesia. Rio sudah buktikan bisa masuk ke level F1."

Pertamina sudah berkontribusi untuk karier profesional Rio sejak 2010 silam, ketika anak dari pengusaha Sinyo Haryanto itu baru mencoba balap di ajang gokart. Pencapaian Rio saat ini dianggap sebagai buah dari kerja kerasnya selama ini. (ase)

Tidak ada komentar: